Monday, January 26, 2015

penjelasan materi ipa pertumbuhan dan perkembangan

ILMU PENGETAHUAN ALAM 


Ilmu pengetahuan alam merupakan kumpulan pengetahuan tentang alam sekitar dan manusia yang tersusun secara sistematis

, metodis dan saling keterkaitan. oleh karna itu, dengan mempelajari IPA, semua orang di harapkan mampu memahami dunianya sebagai tempat ia hidup dan berprilaku secara rasional.

nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya sedikit tentang yang berhubungan dengan IPA, ok langsung saja lihat penjelasan tentang pertumbuhan dan perkembangan.

       masih ingatkah kamu tentang ciri - ciri mahluk hidup ? salah satu ciri mahluk hidup adalah tumbuh dan berkembang, bukan ? bagaimana mahluk hidup dapat tumbuh ?

pertumbuhan dapat terjadi pada mahluk hidup disebabkan oleh dua hal, yaitu :

1. bertambah banyaknya sel - sel tubuh.
2. bertambah besarnya ukuran sel.

    pertumbuhan bersifat ireversibel ( tidak kembali ke keadaan semula ) dan dapat dinyatakan dengan ukuran, alat untuk mengukur pertumbuhan pada tumbuhan disebut auksanometer. 


gambar auksanometer

,,
pada tumbuhan tingkat tinggi, proses pertumbuhan akan berlangsung terus-menerus selama tumbuhan itu masih hidup. mengapa demikian ? ada bagian tertentu pada tumbuhan yang tumbuh lebih cepat dari bagian lainnya, disebut titik tumbuh. titik tumbuh terdapat pada ujung batang dan ujung akar. bagaimana dengan hewan dan manusia ? apakah hewan dan manusia dapat tumbuh terus-menerus ?


A. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN

1. MAKANAN ( NUTRISI )
    
    setiap mahluk hidup memerlukan makanan. selain sebagai sumber energi, makanan sangat di perlukan dalam proses pertumbuhan. untuk dapat tumbuh baik, tumbuhan memerlukan unsur-unsur mineral dari lingkungan, sedangkan hewan dan manusia mengambil makanan darii mahluk hidup.

2. CAHAYA

     Tumbuhan akan lebih cepat tumbuh jika kurang mendapat cahaya matahari. sebaliknya tumbuhan banyak menerima cahaya matahari, pertumbuhannya akan lambat. hal ini terjadi karena jika terkena cahaya, hormon pertumbuhan ( auksin ) akan pindah ke daerah lain yang jauh dari cahaya. pada manusia, cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang. cahaya matahari dibutuhkan untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang sangat di perlukan untuk menguatkan tulang.

3. SUHU

    agar dapat tumbuh baik, tumbuhan membutuhkan suhu yang sesuai. pada umumnya tumbuhan tidak dapat tumbuh pada suhu di bawah 0°C atau diatas 40°C. suhu yang sesuai untuk pertumbuhan tumbuhan antara 22°C hingga 37°C.

4. KELEMBAPAN

   sel-sel tumbuh akan lebih cepat mencapai ukuran maksimal jika kelembapan udara tinggi. semakin cepat sel-sel tumbuh mencapai ukuran maksimal, maka proses pertumbuhan akan menjadi lebih cepat pula.

5. HORMON ( ZAT TUMBUH )

    pernahkah kamu melihat anak seusiamu yang ukuran tubuhnya sangat tinggi atau sangat pendek ?
apa yang menyebabkan pertumbuhan manusia berbeda-beda.
       dalam tubuh mahluk hidup terdapat senyawa kimia yang disebut hormonHormon berasal dari bahasa yunani, yaitu Hormoein yang berarti menggiatkan. salah satu fungsi hormon pada mahluk hidup adalah sebagai pengendalian pertumbuhan.
       pada manusia, hormon pertumbuhan ini dikenal sebagai hormon somatotropik. dimasa pertumbuhan, jika produksi hormon ini kurang akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan. orang yang kekurangan hormon ini akan mengalami kekerdilan ( dwarfisme ) sebaliknya jika hormon ini berlebihan maka akan menyebabkan pertumbuhan yg sangat cepat atau pertumbuhan raksasa ( gigantisme ).
      kelebihan hormon somatotropik dapat terjadi pada orang dewasa. orang dewasa yang kelebihan hormon ini akan mengalami pertumbuhan pada tulang rahang , jari, kaki dan hidung secara tidak normal. keadaaan seperti ini dikenal sebagai akromegali.
     pada pertumbuhan, hormon tumbuh ini disebut auksin. auksin terdapat pada ujung batang, ujung akar, ujung daun, dan kuncup bunga. dengan adanya auksin, bagian-bagian tanaman tersebut akan mengalami pertumbuhan memanjang.
   proses pembentukan organ tubuh pada tumbuhan dimpengaruhi oleh hormon kalin. hormon yang mempengaruhi pembentukan batang disebut kaulokalin. pembentukan akar di pengaruhi oleh hormon rhizokalin, pembentukan daun oleh hormon filiokalin, dan bunga oleh hormon anthokalin.

6. GEN

    gen merupakan struktur inti sel yang tersusun atas senyawa DNA dan berfungsi sebagai  pembawa sifat-sifat keturunan pada mahluk hidup. variasi yang dapat munculpada keturunan di tentukan oleh susunan gen dalam sel tubuh organisme tersebut. perbedaan tingkat pertumbuhan pada spesies mahluk hidup di tentukan pula oleh gen. misalnya orang tua yang dalam sel tubuhnya memiliki gen tubuh tinggi dapat di wariskan sifat tubuh tinggi pada anaknya, sedangkan orang tua yang memiliki gen tubuh pendek, kemungkinan akanmewariskan sifat gen tubuh oendek pada anaknya.


B. PERKEMBANGAN 

     proses perkembangan pada mahluk hidup tidak dapat di pisahkan dengan pertumbuhan. setiap mahluk hidup dalam pertumbuhannya sekaligus mengalami perkembangan. seperti telah diuraikan sebelumnya bahwa perkembangan merupakan suatu proses menuju tercapainya tingkat kedewasaan. 
     proses perkembangan pada mahluk hidup tidak sama, bergantung dari jenis mahluk hidup itu. misalnya usia tanaman padi menjadi dewasa dan siap menghasilkan keturunan, berbeda dengan usia tanaman mangga yang relatif lebih lama di banding padi.
   zigot merupakan hasil pembuahan antara ovum dengan spermatozoid akan mengalami fase-fase ( stadium ) perkembangan, meliputi :

1. stadium morula
    pada stadium ini, zigot mengalami pembelahan secara mitosis menjadi dua, dua menjadi empat,           empat menjadi delapan, dan seterusnya hingga kesatuan dari sel-sel itu berbentuk seperti bola.

2. stadium blastula
    stadium ini ditandai berbentuknya rogga di bagian tengah embrium.
    
3. stadium gastrula  
    stadium ini ditandai dengan terbentuknya lubang cekung pada embrium yang terdiri atas dua lapisan sel ( diploblastik ), yaitu lapisan luar ( eksoderm ) dan lapisan dalam ( endodern ), selanjutnya sel-sel pada batas antara eksoderm dan endoderm mengalami perbanyakan sehingga terbentuk lapisan mesoderm. jadi, pada embrium terdapat tiga lapisan sel ( triploblastik )


C. METAMORFOSIS DAN METAGENESIS

   1. Metamorfosis
       pada beberapa jenis hewan, proses perkembangan untuk menuju dewasa melalui tahapan-tahapan, dimana pada tiap tahapan perkembangan terjadi perubahan bentuk yang nyata. atau disebut metamorfosis sempurna. ada piula tahapan perkembangan tidak tampak adanya  perubahan bentuk yang nyata ( cenderung sama ) atau disebut metamorfosis tidak sempurna.

perhatikan gambar berikut !! tentukan mana siklus yang merupakan metamorfosis sempurna dan mana yang merupakan metamorfosis tidak sempurna 


METAMORFOSIS PADA KUPU-KUPU
METAMORFOSIS PADA KATAK
METAMORFOSIS PADA BELALANG



2. METAGENESIS
    
    Metagenesis adalah suatu cara reproduksi dimana terjadi pergiliran antara reproduksi aseksual dengan reproduksi seksual.
   cara reproduksi semacam ini dapat kita jumpai pada golongan hewan coelenterata, misalnya obelia. dalam siklus hidupnya, obelia yang mempunyai bentuk polip melakukan reproduksi aseksual membentuk tunas mendusa. mendusa yag nerbentuk akan berenang dan setelah dewasa melakukan reproduksi seksual menghasilkan telur. telur akan tumbuh menjadi planula, selanjutnya planula tumbuh menjadi polip obeliamenjadi dewasa, dan siap menghasilkan tunas baru.

perhatikan siklus hidup obelia berikut ini :



D. TITIK TUMBUH

      tumbuhan dapat tumbuh tidak hanya dari biji, ada diantaranya yang dapat tumbuh dari bagian-bagian tertentu tumbuhan itu. berdasarkan titik tumbuhnya, terdapat beberapa jenis pertumbuhan pada tumbuhan, diantaranya : 

1. tumbuhan yang titik tmbuhnya berasal dari biji.
    contoh : kacang kedelai, kacang tanah, padi, dan rambutan.

2. tumbuhan yang titik tumbuhnya berasal dari batang
    contoh : ketela pohon.

3. tumbuhan yang titik tumbuhnya berasal dari umbi
    contoh kentang, ubi jalar, dan bawang.

4. tumbuhan yang titk tumbuhnya berasal dari daun
    contoh : cocor bebek

5. tumbuhan yang titik tumbuhnya berasal dari bonggol
    contoh : pisang, bambu dan talas

6. tumbuhan yang titik tumbuhnya berasal dari akar tinggal
    contoh : jahe, kunyit, dan rumput teki.


E. PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA
     
     didalam rahim seorang ibu, zigot berkembang menjadi embrio (janin). setelah 9 bulan, bayi dilahirkan. dengan perawatan dan kasih sayang orang tuanya, bayi tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak hingga deawasa. 
     setelah sel telur dibuahi oleh spermatozoid, proses pertumbuhan dan perkembangan manusiapun mulai terjadi 36 jam setelah terjadinya pembuahan, sel telur akan membelah menjadi 2 sel, dalam 48 jam membelah menjadi 4 buah sel, kemudian menjadi 8 buah sel, 16 sel, 32 sel dan seterusnya hingga berbentuk menyurupai bola kecil. lalu kapankah mulai terbentuknya organ-organ tubuh ?
     sekitar 1 minggu usia zigot dalam rahim ibu, mulailah terbentuk jaringan tubuh pertama. sebagian sel membentuk jaringan tubuh pertama. sebagian sel membentuk pembuluh darah dan saraf, sebagian lagi membentuk plasenta, nah apakah fungsi plasenta bagi janin? tentunya kamu telah mengerti bahwa untuk kelanngsungan hidupnya manusia membutuhkan makanan dan oksigen. memlalui plasenta inilah oksigen dan zat makanan mengalir dari ibu ke janin , dan zat-zat sisa dari janin mengalir ke ibu untuk dibuang melalui sistem pengelluaran.
     setelah usia janin sekitar 5 minggu, mulai terbentuk organ-organ tubuh. wujud kepala , punggung, dan jantung mulai tampak, mata, mulut, kaki, tangan mulai berbentuk. panjang janin ini sekitar 10 mm.
    pada usia 8 minggu, semua organ dan bagian utama tubuh janin sudah terbentuk. panjang janin pada usia sekitar  25 mm, pada usia sekitar 12 minggu, panjang janin sekitar 130 mm atau 13 cm. pada usia ini juga terbentuk kelengkapan organ tubuh seperti kelopak mata, kuku kaki, dan kuku tangan. sampai kapankah janin akan mengalami pertmbuhan dan perkembangan di dalam rahim ibunya ? kapan bayi akan di lahirkan ibunya ? 
      


walaupun semua bagian dan organ tubuh sudah terbentuk, pertumbuhan dan perkembangan bayi terus berlanjut hingga usia sekitar 40 minggu dalam kandungan ibunya, setelah usia 40 minggu, bayi akan dilahirkan oleh ibunya, dan untuk pertama kalinya mengambil oksigen dari udara bebas menggunakan alat pernafasannya. demikian juga dengan makanan, bayi yang sudah di lahirkan memperoleh makanan tidak lagi mau plasenta, tetapi berupa air susu dari ibu, setelah dilahirkan bayi juga merespon rangsangan yang diterimanya.

No comments: