Sunday, February 24, 2019

Tips Singkat & Mudah Mengerjakan Tugas Akhir Ataupun Skripsi Dalam Waktu Cepat


Gambar terkait
bismillah, assalamualaikum sahabat blogger, sore ini saya akan membagikan tips mudah, singkat dan praktis dalam mengejakan skripsi ataupun tugas akhir, tips ini saya dapatkan dari seminar yang disampaikan langsung oleh Ibu Hagia Sophia K. skripsi atau tugas akhir adalah suatu permasalahan yang bikin males mahasiswa.. karna saya juga merasakan hal itu, kenapa ?? ya
betelah, karena harus riset, capek mikir, capek
ngedit , capek wawancara, capek nunggu dosen pebimbing ahh betelah pokoknya... karena tidak semudah waktu anda belajar di sd, smp ataupun sma..yang kalo habis uts, uas, un langsung lulus, kalau mau dapat gelar sarjana tidak semudah itu fergusoooo!!!! karna skripsi ataupun tugas akhir adalah persyaratan utama kita buat lulus dan diakui gelar sarjananya.. 
dan mengapa pada bahasan kali ini saya membahas tentang tips skripsi ?? karna saya sangat prihatin dengan teman-teman saya bahkan dengan saudara kandung saya sendiri.. saudara saya dapat megerjakan bab 1 dalam kurun waktu 1 semester .. gila :(  itu 6 bulan ngapain aja !!! dan begitupun sama teman saya di kampus.. udah mau dua bulan , masih aja bab 1 ... :( , ya bab 1 apa susahnya sih, hanya mencari latarbelakang dari permaslahan yang kita teliti.. kalau emang niat buat lulus mah, 1 minggu juga kelar bab 1,, jiahh gaya beud gua wkwk.. tapi jujur gua sekarang udah masuk bab 4 sekarang ,, yeyeye bukannya nyombong gimana ya, tapi hanya ngasih tau aja terlebih lagi dosen pembimbing gua itu killer,, jelih bangat kalau ngeliat yang salah, koma, titik, typo, sampe masalah ga nyambung dengan gua yg ceritain aja dia tegor, dan suru langsung perbaikin , ya padahal dia belum buka halaman selanjutnya, dia baru buka halaman depan trs nemu satu kesalahan, maka itu adalah salah semua., :((( .. 

dan dari situ gua mulai sadar, kalau gua harus bener bener teliti dalam mengerjakan tugas akhir gua, gua baca terus panduan, baca buku dan shalat 5 waktu. dan satu lagi , gua ikutin tips dari Bu Hagia alhamdulillah berhasil. belum sampai satu bulan gua udah masuk bab 4 :) ... dan mulai paham dengan apa yang gua teliti.. dan gua sekarang siap untuk sidang !!! 

kalian pasti penasaran kan , apa aja tipsnya.. perkataan-perkataan beliau sudah saya rekam semua di otak ,, wkwk canda maksudnya di record hp.. ok simak dibawah ini :

mengerjakan Bab "hasil dan pembahasan"Skripsi/tesis dalam 7 hari

prinsip sebelum menulis : kuasai metode-metode analisis data khususnya yang terkait data penelitian. kalau tidak ada waktu/malas, cari teman/senior yang menguasai, minta bantuan, jangan lupa kasih imbalan. kalau teman/seniornya tidak mau diberi imbalan, ucapkan terimakasih dengan dosis yang lebih tinggi dari normalnya.  

1. kerjakan bab 1 selama 3 jam sehari, selama 7 hari non-stop
waktu efektif untuk menulis adalah pukul 21.00-24.00. ada beberapa pertimbangan dan kelebihan dari jam tersebut :

a. anda tidak perlu mengurung diri di dalam kamar kos sehari semalam selama berhari-hari hanya untuk menulis. jalani hari anda seperti biasa , pergi ke kampus, bercanda tawa dengan teman-teman, jajan,gosip, rapat membantu dosen dan sebagainya.

b, setelah pukul 21.00, obrolan via medial sosial cenderung tidak seramai jam-jam sebelumnya sehingga anda dapat menahan godaan untuk mengobrol via chat.

c. bagi anda yang alhurian, setelah pukul 21.00 tentu anda tidak akan membalas pesan-pesan terutama dari lawan jenis apalagi berada diluar kos, sesuai code of conduct yang mengikat anda. bagi anda yang liberal, tunda dulu ajakan nongkrong  teman-teman anda. bagi anda yang apatis, tentu mengososngkan jam ini lebih mudah karena biasanya pekerjaan anda(kita) dijam segitu adalah nonton fiim bajakan ditemani ciki makanan ringan. 

d. pada jam tersebut, anda seharusnya sudah shalat isya (bagi yang muslim) dan sudah makan malam, sehingga anda bisa meminimalkan potensi untuk membuat jeda.

2. Urutan Pekerjaan
Senin : buat tabel, grafik, gambar dari data-data anda. sesuaikan dengan format yang telahditetapkan oleh kampus/program studi anda. pastikan sudah tidak ada lagi format yang salah. lalu buat kerangka pembahasan dari semua data anda yang ada selesai. 

selasa: download artikel jurnal dan pustaka pendukung lainnya yang terkait dengan data anda dan kerangka yang telah anda susun. pisahkan pustaka anda sesuai kelompok masing-masing. misalnya, topik penelitian anda adalah pengendalian penyakit busuk batang jeruk dengan khamir, mikoriza dan kitosan. eliminasi pustaka di bawh 10 tahun terakhir. buat folder khusus budidaya jeruk, folder khusus mikoriza, dsb. setelah di grouping, rename satu persatu pustaka yang anda download sesuai nama belakang author dan tahun terbit. jangan biarkan pustaka anda acak-acakan. hal ini akan memudahkan anda menyusun atau merecall daftar pustaka jika diperlukan. selesai

rabu-kamis-jumat : mulailah mengintreprestasikan data-data anda lalu perkuat dengan pustaka pendukung. usahakan lebih banyak tulisan berisi analisis anda terhadap data-data anda dibandingkan kaliimat-kalimat dari pustaka, karena anda sedang menulis tugas akhir, bukan membuat annual review. dan yang paling penting, segera menyusun daftar pustaka setelah kalimat rujukan anda selesai. segera susun secara alfabetis . jika pusing bolak-balik, bisa pakai fitur split di Ms word. jangan mnusun daftar pustaka diakhir penulisan atau malah ditunda sampai besok-besok. anda akan puing sendiri.

Sabtu  : baca ulang seluruh tulisan anda mulai pendahuluan sampai akhir pembahasan. buat koherensi tiap paragraf dan tiap bab , jika masih ada yang tidak nyambung. selanjutnya, buat simpulan dan saran, dilnjutkan membuat prakata, cover, lembar pengesahan, daftar isi (dengan table of content ya, jangan manual) dan embel-embel lainnya.

Minggu : manfaatkan waktu 3 jam di pagi hari. print draf pertama anda. siapkan pulpen merah dan coret-coret draf and termasuk pada kesalahan sekecil titik, koma dan spasi. lalu 3 jam malamnya, perbaiki semua kesalahan-kesalahan tersebut lalu baca kembali. 

draft anda selesai dalam waktu 24 jam dan hidup sehari-hari anda tetap normal. senin pagi. draf sudah bisa anda cetak kembali dan anda ajukan ke dosen pembimbing.

3. apresiasi diri anda
siapkan martabak telur, sate atau makanan apapun yang anda sukai dan dapat anda nikmati setiap tengah malam setelah tugas anda selesai. lupakan dulu diet. nikmati masa-masa anda bersama tugas akhir anda. cuma seminggu ini.

sekian tips yang bisa saya bagi. dan tentu ini bukan sekedar omong kosong karena sudah saya terapkan sendiri saat saya menulis skripsi dan tesis. dan tentu saja saya menjalankan tips ini bukan karen saya rajin. justru karena saya malas, saya harus mencari cara seefektif mungkin supaya saya tidak berlama-lama terkunjung pada pekerjaan ini. selamat bertugas akhir. sukses anda semua. "pungkasnya"

sedikit nambahin nih buat temen-temen aye yang mau tugas akhir,,,
1. sediakan pulpen dan kertas kemanapun anda pergi
selalu sediakan pulpen ditangan dan kertaskemanapun anda pergi, kali aja pas anda lagi ngobrol di jalan atau lagi main ps sama teman atau bahkan anda lagi meeting terus anda menemukan ilham untuk skripsi anda. jadi gausah anda ingat di otak, langsung aja anda tulis di kertas yang anda bawa. karnanya otak manusia itu cepet lupa. sekarang ingat nanti anda olahraga, terus makan, terus kongko sama teman, pas malem mau ngerjain pasti lupa, hmm itu yang gua alamin soalnya.

2. rajin bimbingannya
usahakan kalian bimbingan seminggu minimalnya 2 kali... jadi kalian bisa review tuh kesalahan kalian dimana.. agar nanti malamnya kalian bisa memperbaikinya.. 

3.Rajin shalat dan jangan lupa shalat hajat, minta sama Allah kemudahan dalam riset, wawancara, menulis serta bimbingan.. 

nah mungkin itu saja, apabila kalian ada tips lain, silahkan tambahkan dikolom komentar... terimakasih.. 

3 comments:

Unknown said...

Satu lagi bang, niatnya.. Kalo ga pakai niat ga bakal dikerjain tuh tugas akhirnya.. Wkwk

Rudi Tarmin said...

Sangat bermanfaat

Công ty CP dịch thuật miền trung - MIDtrans said...

Cảm ơn vi một bài viết xuất sắc. Mình cũng muốn giới thiệu về một thương hiệu dịch thuật uy tín: Công ty CP dịch thuật miền trung - MIDtrans địa chỉ 02 Hoàng Diệu, TP Đồng Hới, tỉnh Quảng Bìnhcó Giấy phép kinh doanh số 3101023866 cấp ngày 9/12/2016 là đơn vị chuyên cung cấp dịch vụ dịch thuật, phiên dịch dành các cá nhân. Hệ thống thương hiệu và các Công ty dịch thuật con trực thuộc: dịch thuật công chứng sài gòn (TP Hồ Chí Minh) địa chỉ 47 Điện Biên Phủ, Phường Đakao, Quận 1 TP HCM, dịch thuật tại bến tre : địa chỉ 100 , Lê Lợi, TP Bến Tre là nhà cung ứng dịch vụ dịch thuật uy tín hàng đầu tại Bến Tre Viet translation services : dịch vụ dịch thuật cho người nước ngoài có nhu cầu, giao diện tiếng Anh dễ sử dụng; dịch thuật công chứng quận 4 (tư) : nhà cung ứng dịch vụ dịch vụ dịch thuật phiên dịch hàng đầu tại Quận 4, TP HCM; dịch thuật Đà Nẵng : Địa chỉ 54 Đinh Tiên Hoàng, Quận Hải Châu, TP Đà Nẵng chuyên cung cấp dịch vụ dịch thuật công chứng, dịch thuật chuyên ngành tại Đà Nẵng. Chúng tôi chuyên cung cấp các dịch vụ biên dịch và phiên dịch, dịch thuật công chứng chất lượng cao hơn 50 ngôn ngữ khác nhau như tiếng Anh, Nhật, Hàn, Trung, Pháp, Đức, Nga, Tây Ban Nha, Bồ Đào Nha, Ý, Ba Lan, Phần Lan, Thái Lan, Hà Lan, Rumani, Lào, Campuchia, Philippin, Indonesia, La Tinh, Thụy Điển, Malaysia, Thổ Nhĩ Kỳ..vv... Dịch thuật MIDtrans tự hào với đội ngũ lãnh đạo với niềm đam mê, khát khao vươn tầm cao trong lĩnh vực dịch thuật, đội ngũ nhân sự cống hiến và luôn sẵn sàng cháy hết mình. Chúng tôi phục vụ từ sự tậm tâm và cố gắng từ trái tim những người dịch giả.Tự hào là công ty cung cấp dịch thuật chuyên ngành hàng đầu với các đối tác lớn tại Việt nam trong các chuyên ngành hẹp như: y dược (bao gồm bệnh lý), xây dựng (kiến trúc), hóa chất, thủy nhiệt điện, ngân hàng, tài chính, kế toán. Các dự án đã triển khai của Công ty dịch thuật chuyên nghiệp MIDtrans đều được Khách hàng đánh giá cao và đạt được sự tín nhiệm về chất lượng biên phiên dịch đặc biệt đối với dịch hồ sơ thầu , dịch thuật tài liệu tài chính ngân hàng, dịch thuật tài liệu y khoa đa ngữ chuyên sâu. Đó là kết quả của một hệ thống quản lý chất lượng dịch thuật chuyên nghiệp, những tâm huyết và kinh nghiệm biên phiên dịch nhiều năm của đội ngũ dịch giả của chúng tôi. Hotline: 0947688883. email: info@dichthuatmientrung.com.vn . Các bạn ghé thăm site ủng hộ nhé. Cám ơn nhiều